Viral    Unik    Olahraga    Politik    Ekonomi    SelebNews    Pasang Iklan    FILM   
Home » » Orangtua Siswa Pertanyakan Pungli Uang Bangku Hingga Rp 4 Juta Per Siswa di MTs 39 Jakarta

Orangtua Siswa Pertanyakan Pungli Uang Bangku Hingga Rp 4 Juta Per Siswa di MTs 39 Jakarta

Posted by Cinta Berita on Selasa, 31 Juli 2018

foto : ilustrasi


Aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihak sekolah negeri kepada para orangtua murid tampaknya masih belum hilang di negeri ini. AGEN DOMINO

Di sedang upaya pemerintah tingkatkan kesejahteraan guru dan tingkatkan anggaran pendidikan, masih saja ada oknum yang melakukan pungutan liar untuk kepentingan pribadi.

Kasus yang terjadi justru berada di lokasi ibukota negara, yang hanya berjarak kurang berasal dari 10 km berasal dari pusat pemerintahan, istana negara. Tepatnya di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) 39 Sunter Jakarta Utara.

Sejumlah orangtua murid udah mengadukan hal selanjutnya kepada kantor Kementerian Agama serta meminta mediasi berasal dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dilakukan penyelesaian secara komprehensif.

Kami selaku Komite Sekolah, udah lebih berasal dari tujuh kali ke kantor kementerian agama sebagai institusi yang menaungi sekolah-sekolah agama negeri, dan udah dulu dimediasi oleh Pemprov DKI dengan didudukkan dengan antara kita selaku komite sekolah, orangtua murid dengan kanwil Agama dan Kepala Sekolah.

Pihak kita memprotes kebijakan sekolah perihal ada dugaan pungli dengan dalih uang bangku yang besarannya bervariasi antara Rp 2 - 4 juta. Selain itu pungli lain yang terhitung terjadi berbentuk uang buku, uang perpisahan, uang pendalaman materi, Uang asuransi dan lain-lain tanpa melakukan percakapan dengan orangtua siswa terlebih dahulu. DOMINO99

Bahkan sejak awal sejumlah pengurus komite sekolah mengadukan hal selanjutnya kepada kementerian agama, namun sepertinya menjadi dipimpong dan tak mendapat respon serius.

Kami tak dulu diajak bicara, tak dulu didudukkan dengan dengan pihak sekolah oleh kementerian agama. Tapi tahu-tahu ada perubahan kepala sekolah. Kepala sekolah kita dipindahkan ke MTs 10 Jakarta Barat pada awal februari, bukan dipecat atau sanksi tegas lainnya. Apakah ini udah ada kongkalikong antara para pejabat di kementerian agama dengan sang kepala sekolah (Basri Kamal)?

Memecat Guru yang Membela Orangtua Siswa

Salahsatu pengurus Komite Sekolah lainnya yang enggan disebutkan namanya mengutarakan justru pihak sekolah memecat beberapa guru yang mendukung para orangtua murid mencari keadilan.

Ada 3 guru berstatus honorer diberhentikan, dua guru berstatus PNS dimutasi ke sekolah yang jaraknya lebih jauh berasal dari daerah tinggalnya masing-masing. Itu pengaduan orangtua murid berasal dari kelas IX yang didengar Komite Sekolah.

Selain pungli, orangtua murid lainnya berinisial S menyatakan ada ketidaktransparanan penggunaan dana BOS dan BOP oleh pihak sekolah kepada orangtua murid, terhitung Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Inilah masalah yang sempat dimediasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bahkan kala itu Insspektur Provinsi DKI Jakarta mengutarakan jangankan pungli sampai Rp 4 juta, 10 ribu saja ketahuan, tentu kepala sekolah diturunkan jadi guru biasa atau dipecat.


Kata-kata itu disampaikan perwakilan Pemprov DKI dihadapan anggota komite sekolah, pihak sekolah dan Kepala Kanwil Agama pada 3 Februari lalu.

Para orangtua murid inginkan ada tindakan tegas pada kepala sekolah tersebut, bukan hanya dipindahkan ke sekolah lain. DOMINO KIUKIU

Kami risau beliau nanti sanggup membuat ulah lagi di sekolah barunya itu, bahkan jika kapasitasnya nanti selalu sebagai kepala sekolah. Selain itu kita menuntut nasib guru-guru yang udah men-support kita direhabilitasi nama baiknya dan dikembalikan sebagai tenaga pengajar.

Kami berharap ayah menteri agama sanggup menindak oknum-oknum pejabatnya bila ternyata benar ada kongkalikong antara kepala sekolah kita dengan para oknum pejabat tersebut. Inilah anggota yang perlu direvolusi mental.

Perilaku tercela ini berani terjadi di pusat kekuasaan layaknya Jakarta, bagaimana dengan sekolah-sekolah lain yang jauh berasal dari pusat kekuasaan?

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Cinta Berita. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger