Viral    Unik    Olahraga    Politik    Ekonomi    SelebNews    Pasang Iklan    FILM   
Home » » Ratusan Patroli Bawang Ilegal Berhasil di Gagalkan PatroliLanal Dumai

Ratusan Patroli Bawang Ilegal Berhasil di Gagalkan PatroliLanal Dumai

Posted by Cinta Berita on Senin, 03 September 2018



Cinta Berita - DUMAI- Tim Patroli Lanal Dumai menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kampit bawang merah impor ilegal di Perairan Bengkalis akhir pekan kemarin. Mereka sempat melihat langsung proses bongkar muat bawang impor itu. Kapal pengangkut bawang sedang sandar di Sungai Desa Api Api, Sepahat, Kabupaten Bengkalis. AGEN POKER

Informasi Tribun, para pekerja dan awak kapal langsung berlarian di lokasi bongkar muat. Mereka kaget melihat tim patroli Lanal Dumai yang datang. Personel lanal pun hanya bisa mengamankan Kapal Aulia Jaya GT 7 tidak bertuan bersama muatannya.

Para personel patroli langsung menggeledah kapal. Tim mendapati ratusan kampit bawang merah impor. Ada dugaan bawang ini asal Pakistan yang diimpor dari Malaysia.

Jumlah bawang impor mencapai 300 kampit. Berat satuannya sekitar sembilan kilogram. Total berat bawang merah impor ilegal ini mencapai 2,7 Ton.

Tim langsung membawa kapal itu di Pos TNI AL Sungai Dumai. Danlanal Dumai, Kolonel Laut (E) Yose Aldino mengatakan bahwa penangkapan bermula dari informasi awal pada Kamis (30/8/2018) malam kemarin. Mereka mendapat informasi adanya kapal cepat yang masuk Perairan Bengkalis dari Malaysia. DOMINO ONLINE

Ada dua unit kapal Patroli Sea Rider menyisir lokasi masuk kapal cepat. Tim malah belum mendapatkan target di perairan. Tim darat malah menemukan kapal sandar, Jum'at (31/8/2018) pagi.

"Ada dugaan kapal ini ditinggal begitu saja. Kami tidak menemukan dokumen bawang impor di kapal," ujar Yose dalam ekspos, Senin (3/9/2018).

Menurutnya, awak kapal dan nahkoda meninggalkan kapal karena tahu keberadaan personel tim Lanal Dumai. Petugas hanya mengamankan bawang merah impor dan kapal pengangkut.

"Walau tim patroli cuma sita kapal saja, kami tetap selidiki pemilik kapal tersebut," terang Yose.

Yose menyebut saat ini pihaknya sudah menyita muatan dan kapal. Bawang tersebut rencananya bakal dimusnahkan. Aktivitas penyelundupan ini melanggar Pasal 5 Undang-Undang RI No.16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan jo Pasal 2 Peraturan Pemerintah RI No.14 tahun 2002 tentang karantina tumbuhan. AGEN DOMINO

"Jadi untuk proses selanjutnya bawang impor akan diserahkan ke pihak Karantina," terangnya.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Cinta Berita. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger