Viral    Unik    Olahraga    Politik    Ekonomi    SelebNews    Pasang Iklan    FILM   
Home » » Kabupaten Badung Asuransikan Ratusan Ekor Sapi Betina

Kabupaten Badung Asuransikan Ratusan Ekor Sapi Betina

Posted by Cinta Berita on Senin, 15 April 2019


Cintaberita Guna menjaga populasi sapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali mengasuransikan ratusan ekor sapi betina.

Program Asuransi Usaha Tani Sapi (AUTS) ini berupa subsidi premi 80 prosen untuk sapi betina produktif.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan,  asuransi ternak sapi, mempunyai tujuan untuk mengamankan indukan yang selama ini banyak dipotong.

Apalagi pemerintah telah menyebabkan aturan pelarangan pemotongan betina produktif.

“Jadi yang kita targetkan adalah komoditas yang enteng terkena resiko. Jangan sampai sapi betina dipotong atau tidak dikembangbiakan supaya terpaksa kudu mengimpor,” kata Sarwo Edhy, Minggu (14/4). BANDAR DOMINO99 AGEN BANDARQ AGEN POKER

Sarwo Edhy pun beri tambahan dukungan dan stimulus bagi stakeholder pelaku usaha peternakan untuk turut asuransi ternak sapi.

“Kita semua paham bahwa risiko mengusahakan di bidang peternakan begitu rentan, andaikata sapi terkena penyakit, yang menyebabkan kematian, serta rawan pencurian, supaya kudu tersedia upaya khusus untuk menjaga peternak dan keberlangsungan usaha ternak tersebut," tuturnya.

Baca juga : Dor! Polisi Tembak Begal Sadis di Lahat Sumsel

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Putu Oka Swadiana, mengatakan, AUTS merupakan program untuk perternak supaya peternak pembibitan dan pembiakan jadi stimulus untuk beternak.

“Jika berlangsung risiko akibat kematian dan kehilangan sapi selama beternak, peternak tetap bisa melanjutkan melalui dana ganti rugi berasal dari asuransi,” ujar Oka Swadiana.

Menurutnya, pelaksanaan AUTS terdapat di tiga kecamatan di 2018. Seperti, Petang 292 ekor, Mengwi 14 ekor, dan Abiansemal 20 ekor. Total jadi 326 ekor sapi.

Sedangkan, yang mengajukan klaim sejumlah 19 ekor berasal dari Kecamatan Petang. “Ada sebagian syarat dan ketentuan AUTS, seperti rate premi adalah 2 prosen berasal dari harga sapi Rp 10 juta,” katanya.

Harga tersebut, kata Oka Swadiana sesuai ketentuan pemerintah, supaya premi senilai Rp 200 ribu. Berdasarkan APBD perubahan Badung 2018, pembayarannya Rp 160 ribu dibayarkan alias subsidi Pemkab Badung dan Rp 40 ribu secara swadaya.

“Sapi yang diasuransikan berjenis kelamin betina bersama usia sedikitnya satu tahun. Sapi ini diberikan penanda berupa eartag atau nomer pada anggota telinga. Dengan jangka saat pertanggungannya adalah satu tahun,” jelasnya.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Cinta Berita. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger