Viral    Unik    Olahraga    Politik    Ekonomi    SelebNews    Pasang Iklan    FILM   
Home » » Viral di Media Sosial, Seorang Pria Bernama Sitanggang Parsamosir Bakar Uang Rupiah

Viral di Media Sosial, Seorang Pria Bernama Sitanggang Parsamosir Bakar Uang Rupiah

Posted by Cinta Berita on Senin, 12 Agustus 2019




CINTABERITA - Media sosial dihebohkan bersama dengan ulah seorang pria pemilik akun facebook bernama Sitanggang Parsamosir.

Sitanggang Parsamosir ini melaksanakan aksi tidak terpuji, yakni membakar beberapa lembar uang kertas dan menyiarkannya secara live di facebook.

Sitanggang Parsamosir membakar uang senilai Rp 50 ribu, Rp 10 Ribu dan Rp 2 ribu.

Hal ini pun memancing kegeraman netizen yang lihat aksi pembakaran yang tersebut.

Video aksi membakar uang selanjutnya udah dihapus oleh pemilik akun, tapi akun facebook bersama dengan nama Viral Batak menyebarkan aksi pembakaran uang selanjutnya dalam bentuk foto.

Foto-foto ini merupakan hasil screenshot dari video-video yang pada mulanya disiarkan secara langsung oleh akun Sitanggang Parsamosir.

"AKUN FB atas nama SITANGGANG PARSAMOSIR udah melaksanakan Tindak Pidana bersama dengan MEMBAKAR UANG secara Live.

Diduga posisi Pelaku berada di Bandung.

Pasal 35 Pada UU no.7 Tahun 2011 Menjelaskan Bahwa Sanksi Terhadap Tindakan Merusak, Memotong, Menghancurkan dan Mengubah Rupiah Dengan Maksud Merendahkan Kehormatan Rupiah Sebagai Simbol Negara Yaitu PIDANA PALING LAMA 5 TAHUN DAN DENDA PALING BANYAK Rp 1 MILIYAR," tulis akun tersebut.

Berdasarkan informasi di akun facebook pria tersebut, ia menuliskan bahwa dia bekerja di Koperasi Serba Usaha "Sitanggang Tulas Jaya" yang berada di Unit Bandung, Kecamatan Mandalajati Cikadut.

Sampai saat ini, screenshot yang ada di akun Batak Viral itu raih komentar sebanyak 2800 kali dan 2500 kali dibagikan.

Banyak netizen yang melayangkan cercaan, ada juga yang berharap sehingga dia dipenjara atas tindakannya membakar uang rupiah itu.


Pidana Merusak Uang

Bank Indonesia (BI) dalam beraneka kesempatan memberikan bahwa tindakan yang mengakibatkan kerusakan mutu uang rupiah bisa terjebak pidana.

Merusak rupiah tidak hanya membakar, melipat rupiah dan menjadikanya sebagai mahar pun bisa terkena pidana.

Dari sisi hukum bakal ada sanksi yang dikenakan oleh pelanggar, yakni cocok bersama dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 perihal Larangan Masyarakat Untuk Merusak Uang Kertas.

"Mereka yang kedapatan mengakibatkan kerusakan uang rupiah bisa dikenakan ancaman pidana 5 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar," ujar kata Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan, dan Administrasi Kantor Perwakilan BI Surakarta Bakti Artanta di Solo, Jawa Tengah, Senin (29/7/2019).

Sebagai alternatif untuk mahar bersama dengan mengfungsikan uang kata dia, BI udah menyiapkan uang sendiri.

"Uang itu kebanyakan berwujud unik dikarenakan tetap utuh dalam bentuk dua atau tiga lebar yang belum dipotong," sebutnya.


ADU KAYA DENGAN PALING BANYAK MEMBAKAR UANG




Manusia kadang melaksanakan tingkah konyol seperti dua pria asal Tianchang, provinsi Anhui, China ini.

Kedua pria ini berlomba untuk tunjukkan siapa yang lebih kaya di pada mereka. Caranya mereka membakar uang kertas.

Perbuatan konyol ini berawal saat ke dua pria itu makan malam bersama dengan di sebuah restoran terhadap 24 Januari lalu.

Setelah makan dan minum minuman keras, keduanya lantas bertengkar memperebutkan gelar paling kaya di pada mereka. Demikian dilaporkan Anhui TV.

Kedua pria yang tidak disebutkan namanya itu dalam sebuah video lantas coba tunjukkan kekayaan mereka bersama dengan membakar uang kertas.

Salah satu dari pria itu menantang sang teman untuk membakar uang  untuk tunjukkan kekayaannya.

"Kita bakal membakar uang 500 yuan (sekitar Rp 1 juta). Jika kau tak punya uang, sebaiknya kamu diam," kata keliru seorang pria itu.

Tidak diketahui berapa banyak uang yang dibakar ke dua orang itu. Yang jelas, setelah video itu diunggah ke sarana sosial polisi pun turun tangan.

Polisi turun tangan dikarenakan menurut undang-undang di China mengakibatkan kerusakan uang kertas adalah perbuatan kriminal.

Setelah melaksanakan pelacakan, polisi menemukan ke dua pria itu. Setelah dibawa ke kantor polisi ke dua pria "sok kaya" itu lantas dijatuhi denda 1.000 yuan atau sekitar Rp 2 juta.


suka bermain poker .... gabung aja disini di jamin aman dan terpercaya se-indonesia banyak bonus-bonus menarik disini hanya minimal deposit 25.000 kamu bisa bermain sesuka kamu .. buruan gabung  tunggu apa lagi ....!

AGEN BANDARQ | SAKONG ONLINE | DOMINO99

Image and video hosting by TinyPic

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Cinta Berita. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger